Laman

Rabu, 07 Juli 2010


PENTINGNYA LATIHAN FISIK BAGI MANUSIA USIA LANJUT
Oleh:
Rusli
, S.Or.,M.Kes
Program Studi Ilmu Keolahragaan
FIK UNM


ABSTRAK
Manusia usia lanjut merupakan suatu perubahan progresif pada organisme yang telah mencapai kematangan intrinsik dan bersifat irreversibel serta menunjukkan adanya kemunduran sejalan dengan waktu. Proses alami yang disertai dengan adanya penurunan kondisi fisik, psikologis maupun sosial akan saling berinteraksi satu sama lain . Proses menua yang terjadi pada lansia secara linier dapat digambarkan melalui tiga tahap yaitu, kelemahan (impairment), keterbatasan fungsional (functional limitations), ketidakmampuan (disability), dan keterhambatan (handicap) yang akan dialami bersamaan dengan proses kemunduran. Proses menua bukan merupakan suatu penyakit, melainkan suatu masa atau tahapan dalam hidup manusia, seperti: bayi, kanak-kanak, dewasa, tua, dan lanjut usia. Orang mati bukan karena lanjut usia tetapi karena suatu penyakit, atau juga suatu kecacatan. Latihan fisik adalah segala upaya yang dilaksanakan untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan kondisi fisik lansia. Kebugaran jasmani (physical fitness) adalah suatu aspek fisik dari kebugaran menyeluruh (total fitness). Kebugaran jasmani memberikan kesanggupan kepada seseorang untuk melakukan pekerjaan sehari-hari tanpa adanya kelelahan yang berlebihan dan masih mempunyai cadangan tenaga untuk menikmati waktu senggangnya dengan baik ataupun melakukan pekerjaan yang mendadak. Kata kunci : Lansia, Latihan Fisik.

KESIMPULAN
Proses menua adalah sebuah proses yang mengubah orang dewasa sehat menjadi rapuh disertai dengan menurunnya cadangan hampir semua sistim fisiologis dan disertai pula dengan meningkatnya kerentanan terhadap penyakit dan kematian. Proses menua bukan merupakan suatu penyakit, melainkan suatu masa atau tahapan dalam hidup manusia, seperti: bayi, kanak-kanak, dewasa, tua, dan lanjut usia. Orang mati bukan karena lanjut usia tetapi karena suatu penyakit, atau juga suatu kecacatan. Latihan olahraga dapat membantu meningkatkan derajat kesehatan dan daya tahan tubuh. Untuk melaksanakan latihan olahraga ini perlu di jelaskan kepada masyarakat yang melakukan latihan tentang bagaimana, berapa dosisnya, macam latihan dan bentuk latihan yang seperti apa yang dapat memberikan efek sesuai harapan. Daya tahan tubuh akan meningkat apabila dilakukan latihan-latihan yang terarah dan sistematis sesuai dengan usianya. Olahraga pada manula bertujuan untuk meningkatkan kualitas lansia, sehingga mereka bisa melewati hari-hari tuanya dengan bugar. Jika kebugaran sudah tercapai maka para lansia akan mampu memperlambat proses penuaan dini, tetap sehat dan bisa mandiri.


DAFTAR PUSTAKA
Aminudin, Setyawan S, 2003, Pengaruh Kontraksi Isometrik dan Isotonik Terhadap Kadar Asam Laktat, The Indonesian Journal of Physiology, htpp.Journal.Lib.Uanir.ac.id, diakses pada tanggal 5 Maret 2010. Djoko P.I. (2000). Panduan Latihan Kebugaran (Yang Efektif dan Aman). Yogyakarta: Lukman Offset. Fox E.L., Bowers R.W. and Foss M.L. 1998. The Physiological Basis of Physical Education and Athletics (4th ed.). Philapelhia: Saunders College Pub, pp 19, 22, 128. Frontera WR, Herring SA, Micheli LJ, Silver JK, 2007. Clinical Sports Medicine : Medical Management and Rehabilitation, First Publised. Sounders Elsevier, pp 12-15, 229, 230, 232. Furqon M, 1995. Teori Umum Latihan. Surakarta: Sebelas Maret University Press, hlm 15,16. Harsono, 1988. Coaching dan Aspek-Aspek Psikologis dalam Coaching. Jakarta: C.V. Tambak Kusuma, hlm 183, 179, 180. Lactic Acid/ Lactate Threshold. http://www.csmngt.com/lactic_acid.htm. (diakses 3 Maret 2009). Sports Coach, 2008. Energy Pathways. http://www.brianmac.co.uk/energy.gif, diaksses pada 8 Maret 2009. Sugiharto. 2003. Adaptasi Fisiologis Tubuh Terhadap Dosis Latihan Fisik. Makalah disajikan dalam pelatihan senam aerobic, Laboratorium Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang, pp 1, 4, 7. http://tkdtutor.com/11Training/LacticAcid.htm. (2006). (diakses 1 Maret 2010). http://.www.wikipedia.com. (1 Maret 2010).

Tidak ada komentar: